Bilungal Language

“Menguasai Dua Bahasa Internasional dalam Satu Lingkungan Islami”

person holding ballpoint pen writing on notebook
person holding ballpoint pen writing on notebook
person holding ballpoint pen writing on notebook
person holding ballpoint pen writing on notebook

Metode dalam program

Program les Bahasa Arab dan Inggris di pondok kami menggunakan pendekatan bilingual aktif, di mana kedua bahasa diajarkan secara terpadu dan kontekstual dalam kehidupan santri sehari-hari. Adapun metode yang digunakan meliputi:

1. Direct Method (Metode Langsung)

Penggunaan bahasa target (Arab atau Inggris) secara langsung dalam instruksi kelas tanpa terjemahan. Ini mendorong santri berpikir dan merespons langsung dalam bahasa tersebut.

fountain pen on spiral book
fountain pen on spiral book
close-up photography of book page
close-up photography of book page
view of floating open book from stacked books in library
view of floating open book from stacked books in library

2. Language Rotation

Setiap pekan atau hari tertentu difokuskan pada satu bahasa, misalnya hari Senin–Rabu untuk Bahasa Arab, dan Kamis–Sabtu untuk Bahasa Inggris. Hal ini menjaga intensitas praktik sekaligus memisahkan konteks.

Santri dibiasakan menggunakan Bahasa Arab dan Inggris di asrama, ruang makan, musala, dan tempat umum dengan sistem pengawasan dan pembinaan oleh language advisor (musyrif bahasa).

3. Immersion Environment (Lingkungan Bahasa)

book near glass window
book near glass window

4. Integrated Grammar & Vocabulary

5. Language Diary & Evaluation

Pembelajaran struktur bahasa dilakukan dengan perbandingan (comparative grammar), sehingga santri memahami perbedaan dan persamaan kaidah antara Bahasa Arab dan Inggris secara sistematis.

Santri diminta menulis jurnal harian dalam dua bahasa dan mengikuti evaluasi berkala yang mencakup keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.

white book page on brown and black surface
white book page on brown and black surface